Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 192 views

Deskripsi SKPD
KEPALA DINAS

NIELMA PALAMBA, SH, M.AP

STRUKTUR ORGANISASI

KEDUDUKAN DAN LATAR BELAKANG

 

VISI DAN MISI

VISI

” MAKASSAR MENUJU TERTIB KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL TAHUN 2019 ”

 

MISI

Misi Dinas Kependuukan dan Catatan Sipil Kota Makassar sebagai berikut :

1.Menyelenggarakan Administrasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil secara terintegrasi melalui SIAK

2.Meningkatkan Pengelolaan Database Kependudukan secara berkelanjutan

3.Meningkatkan Sumberdaya yang professional secara berkelanjutan

4.Menambah dan mengembangkan sarana dan prasarana SIAK secara berkelanjutan.

5.Meningkatkan insentitas kajian kebijakan dan pengendalian administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

6.Meningkatkan insentitas koordinasi dan sinkronisasi dengna instansi terkait dalam pelaksanaan tugas

KEGIATAN DAN ANGGARAN

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 9 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan Administrasi kependudukan dan catatan sipil Kota Makassar, bahwa penyelenggaraan pelayanan dokumen kependudukan merupakan kewenangan dinas kependudukan dan pencatatan sipil . Berdasarkan kewenangan tersebut  dapat diberikan gambaran umum pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meliputi :

  1. Pencatatan biodata penduduk

Dapat dilakukan secara aktif oleh penduduk atas setiap peristiwa yang dialami baik peristiwa kependudukan maupun peristiwa yang dialami baik peristiwa kependudukan maupun peristiwa penting, atau sebaiknya pemerintah kota melalui Dinas dapat pula melakukan secara aktif

2. Penerbitan pencatatan dokumen kependudukaan meliputi :

  • Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Penerbitan Kartu Keluarga (KK)
  • Penerbitan Surat Pindah

3. Penerbitan dokumen pencatatan sipil meliputi :

  • Akta kelahiran
  • Akta kematian
  • Akta perkawinan
  • Akta perceraian

4.Perubahan  akta pencatatan sipil  meliputi :

  •  Pengangkatan anak
  •  Pengesahan anak
  •  Perubahan nama

Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang telah disahkan oleh DPR RI pada tanggal 26 November 2013 merupakan perubahan yang mendasar di bidang administrasi kependudukan. Tujuan utama dari perubahan Undang-Undang dimaksud adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan  ketunggalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta ketunggalan dokumen kependudukan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memiliki 10 data

Informasi SKPD
  • Slogan MASYARAKAT TERTIB, DATA PENDUDUK AKURAT
  • Alamat Jalan Sultan Alauddin No. 295, Rappocini, Gn. Sari, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Terhubung dengan kami
Hubungi Kami
http://integrasidata.id/integrasi-data/framework/functions/noo-captcha.php?code=867a5

Integrasi Data adalah sebuah inisiatif pemerintah Kota Makassar  untuk mendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, terbuka, realtime dan interoperable

id Indonesian
ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish